Perbedaan Priceless dan Worthless dalam Bahasa Inggris.

Dalam bahasa Inggris, ada banyak kata yang terdengar mirip tetapi memiliki arti yang sangat berbeda. Dua kata yang sering membingungkan adalah “priceless” dan “worthless.” Meskipun keduanya berkaitan dengan nilai, makna mereka sangat bertolak belakang. 

Artikel ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang jelas tentang perbedaan antara “priceless” dan “worthless” dan cara menggunakannya dalam bahasa Inggris. Jadi silahkan disimak ya teman-teman.

Baca juga: Perbedaan wait dan await

Perbedaan priceless dan worthless dalam bahasa inggris | Mr.BOB Kampung Inggris

Arti  kata “priceless” dan penggunaannya dalam bahasa Inggris.

Priceless” merupakan kata sifat dalam bahasa Inggris yang berarti sesuatu yang sangat berharga atau tak ternilai harganya, sehingga tidak bisa diukur dengan uang. Biasanya, kata ini digunakan untuk menggambarkan objek atau momen yang memiliki nilai emosional atau sentimental yang sangat tinggi, seperti kenangan,  pengalaman, atau benda yang memiliki arti khusus, sehingga tidak mungkin untuk memberikan harga yang tepat. Kemudian kata ini juga lebih sering digunakan dalam konteks yang positif. 

Contoh penggunaan “priceless” dalam kalimat:

  • These family photos are priceless, no amount of money can replace these memories.“(Foto keluarga ini tak ternilai harganya, uang sebesar apa pun tidak bisa menggantikan kenangan ini.)
  • The sunset view on this beach is truly priceless.” (Pemandangan matahari terbenam di pantai ini sungguh tak ternilai harganya.)
  • This gift from my grandmother was very priceless, because this was the last item she gave me before she died.” (Hadiah dari nenek saya ini sangat berharga, karena ini adalah barang terakhir yang dia berikan kepada saya sebelum dia meninggal.)
  • When the little child smiles, that moment is truly priceless.” (Saat anak kecil tersenyum, momen itu sungguh tak ternilai harganya.)
  • The look on her face when she saw her surprise party was priceless.” (Ekspresi wajahnya saat melihat pesta kejutan itu sangat berharga dan tak ternilai.)
  • This antique vase is priceless because it has been in our family for generations.” (Vas antik ini tak ternilai harganya karena telah berada dalam keluarga kami selama beberapa generasi.)

Arti  kata “worthless” dan penggunaannya dalam bahasa Inggris.

Worthless” adalah kata sifat dalam bahasa Inggris yang berarti sesuatu yang tidak memiliki nilai atau tidak berharga. Kata ini digunakan untuk menggambarkan objek, ide, atau usaha yang dianggap tidak memiliki manfaat, kegunaan, atau nilai sama sekali, dalam hal ini bisa merujuk pada benda, usaha, atau bahkan perasaan. Kalau digunakan dalam konteks yang positif, tapi kalau “worthless” malah sebaliknya, kata ini lebih sering digunakan dalam konteks yang negatif.

Contoh penggunaan “worthless” dalam kalimat:

  • The old, broken chair is worthless and needs to be thrown away.” (Kursi tua yang rusak itu tidak berharga dan perlu dibuang.)
  • His promises are worthless because he never keeps them.” (Janji-janjinya tidak berharga karena dia tidak pernah menepatinya.)
  • This antique turned out to be a fake, so it is now completely worthless.” (Barang antik ini ternyata palsu, jadi sekarang sudah tidak ada harganya sama sekali.)
  • “All the efforts I made felt worthless because the results did not match expectations.” (Segala usaha yang saya lakukan terasa sia-sia karena hasilnya tidak sesuai ekspektasi.)
  • After years of saving these coins, it turned out they were only worthless because they couldn’t be sold.” (Setelah bertahun-tahun disimpan, koin-koin tersebut ternyata hanya tidak berharga karena tidak bisa dijual.)
  • Criticism that is not constructive is often considered worthless by many people.” (Kritik yang tidak membangun seringkali dianggap tidak berharga oleh banyak orang.)

Baca juga: Perbedaan has dan have

Nah, gimana teman-teman? Itu tadi perbedaan antara kata priceless” dan “worthless dalam bahasa Inggris. Meskipun keduanya memiliki akhiran yang sama yaitu “-less”, Namun, makna dari kedua kata ini sangat berbeda, sehingga penting untuk mengetahui konteks penggunaannya.

Secara sederhana, “priceless” menggambarkan sesuatu yang nilainya sangat tinggi sehingga tidak dapat diukur dengan uang, sementara “worthless” menggambarkan sesuatu yang tidak memiliki nilai sama sekali. Makna kedua kata ini benar-benar bertolak belakang, meskipun keduanya berkaitan dengan nilai.

Dengan memahami perbedaan ini, kita dapat menggunakan kedua kata dengan tepat sesuai dengan konteks dan nuansa yang ingin disampaikan dalam komunikasi bahasa Inggris kita. Semoga artikel ini membantu memperkaya pengetahuan kita tentang penggunaan kata-kata dalam bahasa Inggris yang seringkali memiliki makna yang halus namun penting.

Jangan lupa untuk follow akun instagram dan tiktok kami untuk mendapatkan tips-tips seputar bahasa inggris dan juga info promo di Mr.BOB Kampung Inggris Pare. Dan untuk informasi pendaftaran kursus di Mr.BOB Kampung Inggris bisa ditanyakan melalui whatsapp disini.

Read Previous

16 Jenis Punctuation dalam Bahasa Inggris

Read Next

Perbedaan In person & In-Person dalam Bahasa Inggris

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular