Perbedaan antara kata Wait dan Await dalam Bahasa Inggris.

Halo teman-teman. Apa kabar? Kali ini kita akan membahas sesuatu yang mungkin sering menjadi titik tumpu kebingungan bagi banyak orang yang sedang belajar bahasa Inggris, yaitu perbedaan antara kata “wait” dan “await“. Meskipun kedua kata ini terdengar mirip dan sering digunakan dalam konteks yang sama, sebenarnya ada perbedaan yang cukup signifikan dalam penggunaannya.

Percaya gak percaya, pemahaman yang benar terhadap perbedaan ini dapat membuat percakapan atau tulisan bahasa Inggris kita terdengar lebih lancar dan tepat. Jadi, mari kita bahas bersama-sama apa sebenarnya yang membedakan “wait” dan “await“, dan bagaimana cara menggunakan keduanya dengan tepat dalam kalimat-kalimat kita sehari-hari.

Perbedaan wait dan await | Mr.BOB Kampung Inggris

 

Baca juga: Cara penggunaan During, For, dan While

Sebelum kita masuk ke dalam detail yang lebih dalam, mari kita lihat dulu definisi sederhana dari kedua kata ini. “Wait” memiliki arti menunggu atau menahan diri dalam jangka waktu tertentu, sementara “await” memiliki arti menunggu dengan harapan atau antisipasi terhadap sesuatu. Meskipun secara definisi, kedua kata ini terdengar serupa, perbedaan penggunaan keduanya akan terlihat jelas saat kita melihat contoh-contoh penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari.

Yuk, simak artikel ini ya teman-teman, agar kalian dapat memahami dengan lebih baik perbedaan antara “wait” dan “await” serta bagaimana menggunakannya secara tepat dalam bahasa Inggris yang kita pelajari. Semoga artikel ini dapat membantu memperkaya pengetahuan kita dalam menguasai bahasa Inggris dengan lebih baik. Selamat membaca!

Arti  kata “wait” dan penggunaannya dalam bahasa Inggris.

Pengertian dari kata “wait” dalam bahasa Inggris adalah tindakan menahan diri atau menunda aktivitas sampai waktu atau kondisi tertentu tercapai. Kata ini digunakan dalam berbagai situasi untuk menyatakan keterlibatan dalam tindakan menunggu, baik secara harfiah maupun dalam arti yang lebih luas. Berikut ini beberapa penggunaan kata “wait” dalam berbagai macam konteks :

  • Menunggu dengan Pengharapan. 

Wait” dapat digunakan ketika seseorang menunggu dengan harapan atau antisipasi terhadap sesuatu yang diinginkan atau diantisipasi. Misalnya, “I can’t wait to see you” (Aku tidak sabar untuk bertemu denganmu), yang menggambarkan rasa antusiasme atau kegembiraan saat menunggu.

  • Menunggu dengan Kesabaran.

Kata “wait” juga sering digunakan dalam konteks kesabaran, dimana seseorang yang dituntut untuk menahan diri dan tidak bertindak sebelum waktu yang tepat atau kondisi yang diinginkan tercapai. Contohnya, “Please wait for your turn” (Tolong tunggu giliranmu), yang mengandung instruksi untuk bersikap sabar.

  • Menunggu dengan Tertib.

Dalam situasi yang lebih formal, seperti dalam antrian atau dalam penjadwalan acara, kata “wait” digunakan untuk meminta orang-orang untuk menunggu dengan tertib dan mengikuti aturan yang berlaku. Contoh penggunaannya adalah “We have to wait in line” (Kita harus menunggu di antrian).

  • Menunggu untuk Aksi Selanjutnya.

Wait” juga digunakan untuk menandai momen di mana aktivitas atau peristiwa selanjutnya akan dilakukan setelah waktu tertentu telah berlalu atau kondisi tertentu tercapai. Misalnya, “Let’s wait until the rain stops” (Mari kita tunggu sampai hujan berhenti).

Baca juga: Perbedaan used to, get used to, dan be used to

Arti  kata “await” dan penggunaannya dalam bahasa Inggris.

Kalau tadi kita membahas “wait“, sekarang kita membahas lebih dalam arti kata “await“. Kata “await” dalam bahasa Inggris memiliki arti menunggu dengan harapan atau antisipasi terhadap sesuatu yang diinginkan atau diantisipasi. Berbeda dengan kata “wait” yang umumnya digunakan untuk menyatakan menunggu atau menahan diri dalam waktu tertentu tanpa konotasi khusus, “await” seringkali digunakan dalam konteks yang lebih formal atau sastra untuk menunjukkan ekspektasi atau perasaan yang lebih mendalam terhadap sesuatu yang sedang dinantikan.

Berikut adalah penggunaan dan contoh kalimat penggunaan kata “await” dalam bahasa Inggris:

  • Menunggu dengan Harapan Tinggi.

Await” sering digunakan untuk menyatakan menunggu dengan harapan tinggi terhadap sesuatu yang penting atau berharga. Contoh kalimatnya adalah “We await your decision eagerly” (Kami menantikan keputusan Anda dengan penuh harapan), yang menunjukkan rasa antisipasi yang kuat terhadap suatu keputusan.

  • Menunggu dengan Kesabaran yang Mendalam.

Kata “await” juga bisa digunakan untuk menunjukkan kesabaran yang mendalam dalam menunggu sesuatu yang penting atau berarti. Misalnya, “The fans eagerly await the release of the new album” (Para penggemar dengan sabar menantikan rilis album baru), yang menunjukkan tingkat kesabaran yang tinggi dalam menanti sesuatu yang diinginkan.

  • Menunggu dengan Antisipasi.

Penggunaan “await” juga seringkali terkait dengan antisipasi terhadap peristiwa atau kejadian yang akan datang. Contoh kalimatnya adalah “The whole nation awaits the results of the election” (Seluruh bangsa menantikan hasil pemilihan), yang menunjukkan antisipasi yang besar terhadap hasil suatu acara atau kejadian penting.

  • Menunggu dengan Ekspetasi yang Mendalam.

Kata “await” juga dapat digunakan dalam konteks yang lebih formal atau sastra untuk mengekspresikan ekspektasi atau perasaan yang mendalam terhadap sesuatu yang sedang dinantikan. Contoh kalimatnya adalah “She awaited his return with a mixture of excitement and anxiety” (Dia menantikan kepulangannya dengan campuran perasaan antara kegembiraan dan kekhawatiran), yang menunjukkan campuran perasaan yang kompleks dalam menunggu suatu kejadian.

 

Nah, gimana teman-teman? Itu tadi perbedaan antara kata “wait” dan “await” dalam bahasa Inggris. Meskipun keduanya seringkali digunakan untuk menyatakan tindakan menunggu, terdapat perbedaan yang signifikan dalam konteks penggunaannya. Secara umum, “wait” digunakan untuk menunjukkan tindakan menunggu atau menahan diri tanpa konotasi khusus, sementara “await” lebih sering digunakan untuk mengekspresikan harapan, antisipasi, atau ekspektasi yang mendalam terhadap sesuatu yang sedang dinantikan. Dengan memahami perbedaan ini, kita dapat menggunakan kedua kata dengan tepat sesuai dengan konteks dan nuansa yang ingin disampaikan dalam komunikasi bahasa Inggris kita. Semoga artikel ini membantu memperkaya pengetahuan kita tentang penggunaan kata-kata dalam bahasa Inggris yang seringkali memiliki makna yang halus namun penting.

Jangan lupa untuk follow akun instagram dan tiktok kami untuk mendapatkan tips-tips seputar bahasa inggris dan juga info promo di Mr.BOB Kampung Inggris Pare. Dan untuk informasi pendaftaran kursus di Mr.BOB Kampung Inggris bisa ditanyakan melalui whatsapp disini.

Read Previous

40 Things in the Bathroom

Read Next

Kosakata Transportasi Laut dan Udara dalam Bahasa Inggris

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular