Perbedaan Sorry, Apologize dan Forgive dalam Bahasa Inggris

Dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris, sering kali kita menemui kata-kata yang serupa seperti “Sorry,” “Apologize,” dan “Forgive“. Meskipun ketiganya terkait dengan permintaan maaf, namun masing-masing memiliki nuansa dan konteks penggunaan yang berbeda dalam Bahasa Inggris. Dan penggunaan kata maaf tersebut, disesuaikan berdasarkan konteksnya. Ada permintaan maaf dengan tingkat yang lebih ringan, tetapi dalam situasi yang bersifat informal. Dan ada juga yang tingkatannya lebih serius, tapi situasinya lebih formal. Namun ada juga yang merupakan tindakan memberi maaf kepada orang lain.

Dalam artikel ini, kita akan membahas perbedaan antara ketiga kata tersebut agar, kita dapat menggunakan kata yang tepat dalam situasi yang tepat. Dengan demikian, kalian akan dapat menggali makna yang lebih dalam dari setiap kata dan memanfaatkannya secara tepat dalam berbagai situasi, yuk disimak ya guys untuk perbedaan ketiga kata tersebut.

Baca juga: Paket 3 Bulan di Mr.Bob Kampung Inggris

1. Sorry

Perbedaan Sorry, Apologize dan Forgive dalam Bahasa Inggris - Mr BOB Kampung Inggris
Dalam Bahasa Indonesia, kata sorry bisa berarti “maaf” atau “menyesal”. Menurut Cambridge Dictionary, sorry merupakan kata yang digunakan karena telah menimbulkan kesedihan/keributan pada orang lain. Tidak hanya untuk meminta maaf, kata tersebut juga bisa digunakan untuk meminta izin atau permisi dan bisa juga digunakan untuk menunjukkan rasa prihatin pada orang lain.
Cara penggunaannya, ketika kalian tidak sengaja menabrak seseorang di jalan, kalian dapat mengatakan, “I’m sorry” untuk menyatakan permintaan maaf. Penggunaan kata tersebut cenderung lebih ringan dan cocok untuk situasi yang tidak terlalu serius.
Contoh :
  • Sorry sir. May I go to the toilet please?
(Permisi pak. bolehkah aku pergi ke toilet?)
  • I’m sorry. I was hurt you heart.

(Aku minta maaf, aku udah nyakitin hatimu.)

  • I feel sorry to know that Laura passed away weeks ago.

(Aku prihatin mengetahui bahwa Laura meninggal minggu lalu.)

Baca juga: Paket 2 Bulan di Mr.Bob Kampung Inggris

2. Apologize

Perbedaan Sorry, Apologize dan Forgive dalam Bahasa Inggris - Mr BOB Kampung Inggris
Apologize juga merupakan salah satu kata yang digunakan untuk meminta maaf. Berbeda dengan kata sorry yang merupakan adjective. Apologize merupakan kata kerja (Verb). Kata ini digunakan ketika seseorang ingin menyampaikan permintaan maaf dengan cara yang lebih resmi atau mendalam. Dan kata ini juga seringkali digunakan dalam konteks profesional atau ketika seseorang benar-benar ingin menunjukkan kesalahan yang serius.
Misalnya, jika kalian terlambat untuk pertemuan penting, kalian bisa mengatakan, “I apologize for my tardiness.” Penggunaan apologize akan memberikan kesan bahwa kalian mengakui kesalahan dengan sungguh-sungguh dan bersedia bertanggung jawab.
Contoh:
  • I apologize for what i’ve doing to him.
(Aku meminta maaf atas apa yang sudah ku lakukan padanya.)
  • I must apologize for my mistakes.

(Aku ingin meminta maaf atas kesalahanku.)

  • I apologize for all the mistake I made yesterday.

(Aku minta maaf untuk semua kesalahan yang ku buat kemarin.)

Baca juga: Perbedaan Countable dan Uncountable Noun

3. Forgive

Perbedaan Sorry, Apologize dan Forgive dalam Bahasa Inggris - Mr BOB Kampung Inggris
Forgive memiliki hari memaafkan atau mengampuni. Forgive juga bisa digunakan untuk memaafkan atau meminta maaf. Jika seseorang meminta maaf, harapannya adalah orang lain akan memberikan pengampunan atau memberi maaf. Proses memberi maaf melibatkan penerimaan permintaan maaf dan pemutusan hubungan dengan kesalahan yang terjadi.
Sebagai contoh, jika teman kalian merasa menyesal atas suatu perbuatan, kalian dapat merespons dengan mengatakan, “I forgive you.” Ini menunjukkan bahwa kalian menerima permintaan maaf mereka dan bersedia untuk melupakan atau tidak terus memikirkan kesalahan tersebut.
Contoh :
  • Forgive me please, I don’t mean to hurt you feelings.
(Tolong maafkan aku, aku tidak bermaksud menyakiti perasaanmu.)
  • I hope you can forgive me for this.

(Aku harap, kamu bisa memaafkanku untuk ini.)

  • Forgive me if I don’t see you out.

(Maafkan aku jika tidak melihatmu keluar.)

Baca juga: Silent Letters dalam Bahasa Inggris

Dalam berkomunikasi menggunakan bahasa inggris, penting untuk memahami perbedaan antara “Sorry,” “Apologize,” dan “Forgive” agar kita dapat menggunakan kata yang tepat dalam setiap konteks. Penggunaan kata yang tepat juga akan memberikan kesan yang sesuai dengan tingkat keformalan dan situasinya. Dengan demikian, kita dapat menciptakan komunikasi yang jelas dan saling menghormati dalam interaksi sehari-hari.
Jangan lupa untuk follow akun instagram kami untuk mendapatkan tips-tips seputar bahasa inggris dan juga info promo di Mr.BOB Kampung Inggris Pare. Dan untuk informasi pendaftaran kursus di Mr.BOB Kampung Inggris bisa ditanyakan melalui whatsapp disini.

Read Previous

Cara Mudah Membedakan Countable dan Uncountable Noun

Read Next

Cara Mudah Membedakan Again dan Anymore

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular