See Vs Look : Apa Perbedaannya?

Pernah gak sih kamu mendengar seseorang berkata, I see what you mean, dan kemudian dalam situasi lain, seseorang mengatakan, Let’s take a look at that? Meskipun kedua kalimat tersebut terlihat mirip, keduanya sebenarnya memiliki perbedaan yang cukup besar dalam konteks bahasa Inggris. Dalam artikel ini, Mr.Bob Kampung Inggris akan membahas perbedaan antara kata look dan see serta bagaimana keduanya digunakan dalam bahasa sehari-hari.

See Vs Look : Apa Perbedaannya - Mr.Bob Kampung Inggris

Pengertian Dasar

Mari kita mulai dengan pengertian dasar dari kedua kata tersebut. Look dan see seringkali diterjemahkan dalam bahasa Indonesia sebagai “melihat,” namun keduanya memiliki makna yang berbeda.

Look digunakan untuk menyatakan tindakan seseorang memandang sesuatu secara sengaja atau dengan tujuan tertentu. Misalnya, ketika ketika kamu sedang berada di sebuah toko dan ingin melihat-lihat pakaian, kamu akan menggunakan kata look. Contoh lainnya adalah ketika kamu melihat ke luar jendela untuk memeriksa cuaca atau mencari sesuatu yang hilang di dalam ruangan.

Sementara itu, see merujuk pada kemampuan seseorang untuk memperhatikan atau memahami sesuatu dengan mata atau pikiran. Ini lebih kepada pemahaman atau pengenalan terhadap suatu objek atau situasi. Misalnya, ketika seseorang berkata, I see what you mean, mereka sedang menyatakan bahwa mereka memahami argumen atau penjelasan yang diberikan oleh orang lain.

Konteks Penggunaan

Penggunaan look dan see juga bergantung pada konteksnya. Kata look lebih sering digunakan ketika seseorang secara aktif mencari atau mengamati sesuatu, sementara see lebih merujuk pada kemampuan alami seseorang untuk memperhatikan atau memahami sesuatu.

Contohnya, ketika kamu berada di sebuah pusat perbelanjaan dan kamu ingin membeli pakaian, kamu mungkin akan berkata, Let’s take a look at those shirts over there. Di sini, kamu menggunakan look karena kamu bermaksud untuk melihat-lihat atau memeriksa pakaian tersebut.

Perhatikan kalimat berikut ini : 

  • Let’s take a look at that painting : Mari kita lihat lukisan itu.

Disini, look digunakan untuk mengajak seseorang untuk melihat secara aktif atau memeriksa suatu lukisan.

  • She gave him a suspicious look : Dia memberinya tatapan yang mencurigakan.

Dalam kalimat ini, look mengacu pada ekspresi wajah yang menunjukkan rasa curiga atau ketidakpercayaan.

  • He looked through the window to see if it was raining : Dia melihat melalui jendela untuk melihat apakah sedang hujan.

Look disini menunjukkan tindakan seseorang yang sengaja melihat atau memeriksa kondisi di luar untuk mengetahui apakah sedang hujan atau tidak.

Namun, ketika kamu sedang berbicara tentang pemahaman atau pengenalan terhadap suatu konsep atau ide, kamu akan menggunakan see. Misalnya, ketika seseorang memberikan penjelasan tentang suatu topik yang kompleks, kamu mungkin akan mengatakan, I see what you’re saying, yang berarti kamu memahami apa yang mereka maksud.

Perhatikan kalimat dibawah ini : 

  • I see what you mean : Saya mengerti apa yang kamu maksud.

Dalam kalimat ini, see digunakan untuk menyatakan pemahaman atau pengertian seseorang terhadap suatu argumen atau penjelasan.

  • He couldn’t see the logic in her argument : Dia tidak bisa melihat logika dalam argumennya.

Disini, see digunakan untuk menyatakan ketidaktahuan atau ketidak mengertian seseorang terhadap suatu konsep atau argumen.

  • She sees the beauty in everything : Dia melihat keindahan dalam segala hal.

Dalam kalimat ini, see mengacu pada kemampuan seseorang untuk memperhatikan atau menghargai keindahan dalam hal-hal di sekitarnya.

Baca Juga : Perbedaan Verb S & Es

Makna dan Konotasi

Selain makna dasarnya, look dan see juga memiliki konotasi yang berbeda. Kata look cenderung merujuk pada tindakan nyata seseorang dalam memandang sesuatu, sementara see lebih mengarah pada pemahaman atau pengenalan terhadap suatu hal.

Misalnya, ketika seseorang berkata, She gave him a dirty look, itu berarti bahwa orang tersebut memandang orang lain dengan ekspresi wajah yang mengekspresikan ketidakpuasan atau kemarahan. Di sisi lain, ketika seseorang berkata, I see what you’re getting at, mereka sedang menyatakan bahwa mereka memahami inti dari apa yang sedang dibicarakan.

Perbedaan dalam Tindakan

Perbedaan lain antara look dan see terletak pada tindakan yang terkait dengan keduanya. Look seringkali mengindikasikan tindakan yang lebih aktif atau sengaja, sementara see lebih bersifat pasif atau alami.

Misalnya, ketika seseorang looks for sesuatu, itu berarti mereka sedang mencari sesuatu secara sengaja atau dengan tujuan tertentu. Namun, ketika seseorang sees sesuatu, itu bisa berarti bahwa mereka secara alami memperhatikan atau menyadari keberadaan sesuatu tanpa upaya khusus.

Baca juga : Cara Mudah Membedakan Again dan Anymore

Penggunaan Idiomatik

Selain penggunaannya dalam kalimat biasa, look dan see juga sering muncul dalam ekspresi dan idiomatik dalam bahasa Inggris.

Contoh idiom yang menggunakan look antara lain look up yang berarti mencari informasi tentang sesuatu, dan look forward to yang berarti menantikan dengan antusias.

Sementara itu, idiom yang menggunakan see termasuk see eye to eye yang berarti memiliki pandangan yang sama tentang sesuatu, dan see the big picture yang berarti memahami situasi secara keseluruhan.

Baca juga : Perbedaan Sorry, Apologize dan Forgive dalam Bahasa Inggris

Dalam bahasa Inggris, perbedaan antara look dan see tidak hanya terletak pada makna dasarnya, tetapi juga pada konteks penggunaannya, makna konotatifnya, tindakan yang terkait, dan penggunaan dalam ekspresi idiomatik. Memahami perbedaan ini dapat membantu kamu menjadi lebih terampil dalam berkomunikasi dalam bahasa Inggris dan menghindari kebingungan dalam berbicara dengan native speaker.

Jadi, selanjutnya ketika kamu mendengar atau menggunakan kata look dan see, perhatikanlah konteksnya dan pikirkan apakah kamu sedang menyatakan tindakan melihat secara aktif atau pemahaman terhadap sesuatu. Dengan demikian, kamu akan semakin mahir dalam menggunakan kedua kata tersebut dalam percakapan sehari-hari. Happy learning, and keep slaying the English language!

Jangan lupa untuk follow akun instagram kami untuk mendapatkan tips-tips seputar bahasa inggris dan juga info promo di Mr.BOB Kampung Inggris Pare. Dan untuk informasi pendaftaran kursus di Mr.BOB Kampung Inggris bisa ditanyakan melalui whatsapp disini.

Baca juga: Paket kursus kelas Online Kids di Mr.BOB Kampung Inggris

Read Previous

Fungsi & Perbedaan “Have dan Has” dalam kalimat

Read Next

5 Rahasia Bisa Ngomong Inggris Lancar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular